Ketahuilah! 5 Penemuan Penting Untuk Peradaban Dari Para Ilmuwan Islam

Ketahuilah! 5 Penemuan Penting Untuk Peradaban Berikut Adalah Hasil Dari Tokoh Islam

Sempatkah anda pikirkan segelas kopi hangat nan nikmat yang telah anda minum pada pagi ini, dari manakah asalnya? Siapakah yang pertama kali menemukannya? Ataupun pertanyaan – pertanyaan lain seputar minuman berwarna hitam pekat ini, oleh kebanyakan orang awam yang belum mengetahuinya pastilah akan menjawab Italia atau beberapa negara Eropa lain. Namun perlu anda tau, minuman kopi pertama kali diseduh dan dinikmati oleh para ulama muslim di Yemen sebagai penambah stamina saat bermunajat dan berdoa.



 “Terdapat sebuah lobang kosong dalam pengetahuan sejarah kita, dan terlewati begitu saja dari zaman Renaisan hingga Yunani” Ungkap Professor Salim al-Hassani, seorang Ketua di Foundation for Science, Technology, and Civilisation.




Padahal tidak cuma minuman kopi saja yang ditemukan oleh para ilmuwan muslim, mereka juga tercatat sebagai penemu banyak dan macam – macam hal penting lainnya. Beberapa diantaranya sistem pendidikan kampus dan penggunaan sikat gigi, yang sampai hari ini seluruh umat manusia memanfaatkan untuk kehidupan sehari – hari. Untuk menjawab rasa penasaran anda, inilah 5 penemuan penting ilmuwan muslim dan tokoh islam untuk peradaban umat manusia menurut pendapat dari Professor Hassani.

1. Minuman Kopi


Professor Hassani bercerita bahwa walau hingga kini popularitas minuman kopi paling tinggi ada di dunia Barat atau dataran Eropa, tapi sebetulnya biji kopi pertama kali diseduh untuk diminum di Yemen pada abad ke-9. Minuman hitam pekat untuk menjaga stamina yang alami ini digunakan oleh kaum Sufi untuk tetap terjaga ketika bermunajat dan berdoa pada malam hari. Dari sini selanjutnya budaya minum kopi dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajar dan kemudian dikenal secara luas di kerajaan tersebut. Popularitas kopi sesudah itu menyebar hingga ke dataran Turki pada abad ke-13 dan berlanjut ke Eropa pada abad ke-16 oleh para pedagang di kota Venesia yang membawa kopi masuk ke Italia, yang tanpa disadari sangat diminati oleh banyak orang


2. Operasi Bedah Dalam Dunia Medis


Salah satu bagian yang paling integral didalam penyembuhan manusia adalah operasi atau bedah. Teknik ini pertama kali diciptakan pada tahun 1000 oleh seorang dokter muslim  terkemuka, Al-Zahrawi, yang mempublikasikan sebuah ensiklopedia 1500 halaman tentang operasi. Buku berikut sesudah itu digunakan sebagai referensi medis sepanjang 500 tahun lamanya di Eropa. Sebagai seorang pencipta teknik operasi, Zahrawi juga menjadi dokter yang pertama untuk memanfaatkan usus kucing sebagai benang operasi, melaksanakan operasi sesar, dan menciptakan forcep atau gunting tang untuk operasi.

3. Mesin Terbang


Seperti yang telah kita ketahui, penemuan konsep pesawat terbang sering kali dikaitkan dengan Wright bersaudara. Namun Prof. Hassani bicara bahwa orang pertama yang mencoba untuk menciptakan mesin terbang dan kemudian dapat terbang adalah konsep mesin karya dari Abbas Ibn Firnas yang merupakan cendekiawan muslim, bahkan menjadi inspirassi untuk Leonardo da Vinci. 



Firnas yang hidup pada abad ke-9 digambarkan oleh seorang sejarawan Moroko bernama Ahmed Mohammed al-Maqqari, di ceritakan sudah merancang sebuah alat bersayap yang mirip dengan kostum untuk dapat terbang. Dalam percobaannya di Cordoba – Spanyol, Firnas sempat terbang sementara waktu sebelum akhirnya jatuh ke tanah dan patah punggungnya.

4. Sikat Gigi


Hassani bicara bahwa Nabi Muhammad SAW adalah orang pertama yang mempopulerkan pemanfaatan sikat gigi. Pada tahun 600-an, Nabi Muhammad memanfaatkan sebuah ranting dari pohon meswak atau lebih dikenal sebagai siwak untuk bersihkan giginya dan kesegaran bau nafasnya. Hingga jaman sekarang, senyawa yang mirip dengan siwak masih di jumpai dan digunakan sebagai bahan pasta gigi.

5. Konsep Pendidikan Tingkat Universitas




Sudah taukah Anda, Universitas atau kampus pertama di dunia didirikan oleh seorang wanita muslim? Pada tahun 859, seorang putri kerajaan Maroko yang bernama Fatima al-Firhi mendirikan sebuah kampus pertama yang memberikan gelar kepada para siswanya di Fez, Moroko. Kini kampus tersebut dikenal sebagai Universitas Al Quaraouiyine dan sekarang masih beroperasi. Dengan melihat cerita dari kampus ini, Prof. Hassani meminta agar orang-orang bisa diingatkan bahwa pembelajaran adalah inti dari normalitas umat Islam. Diapun juga meminta agar kisah Firhi bisa menginspirasi wanita-wanita Muslim di seluruh dunia untuk belajar.


Itulah 5 penemuan penting ilmuwan muslim dan umat islam dari sekian banyak penemuan - penemuan lain yang sangat bermanfaat untuk peradaban umat manusia menurut pendapat dari Professor Hassani seperti dikutip dari kompasmedia Indonesia




0 Response to "Ketahuilah! 5 Penemuan Penting Untuk Peradaban Dari Para Ilmuwan Islam"

Posting Komentar